masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Kenakalan remaja penyebab dan cara mengatasinya agar terhindar dari kenakalan remaja zaman now

kenakalan remaja penyebab dan masalah
 Kenakalan remaja penyebab dan cara mengatasinya

Kenakalan remaja penyebab dan cara mengatasinya agar terhindar dari kenakalan remaja zaman now

Kenakalan remaja disebabkan oleh beberapa faktor yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan pertemanan, karena ini penting untuk perkembangan masa depannya. Tidak jarang, keluhan terlontar dari orang tua sendiri sebagai orang terdekat anak. Padahal orang tua seharusnya adalah orang terdekat bagi remaja yang bisa membimbingnya. Berbagai masalah yang terjadi di lingkungan keluarga menjadi penyebab utama remaja bersikap tidak selayaknya pada lingkungan.

Salah satu faktor penyebab kenakalan remaja yang utama adalah keluarga yang tidak harmonis. Hal ini disebabkan karena orang tua yang sering bertengkar hingga tindakan KDRT, yang dapat menyebabkan remaja melakukan berbagai perilaku nakal untuk mencari perhatian.

Saat keluarga tidak harmonis, sudah tentu komunikasi antar orang tua dan anak menjadi tidak baik. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab kenakalan remaja yang paling banyak ditemui. Remaja menjadi tidak terbuka kepada orang tua mengenai masalah yang terjadi padanya karena orang tua sibuk bertengkar dan tidak mempedulikan anak. Hal inilah yang mengakibatkan remaja mencari tempat di luar rumah untuk bernaung dengan menunjukkan kenakalannya.

Penyebab lain yang tak kalah krusial adalah faktor lingkungan, terutama menyangkut pergaulan anak. Beberapa faktor lingkungan yang berkontribusi menciptakan kenakalan remaja adalah bergaul dengan kelompok kriminal (misalnya geng motor), pecandu alkohol dan narkoba, melakukan hal yang berhubungan dengan dunia kriminal (misalnya mencuri), suka melakukan hal yang antisosial dan berbau kekerasan.




Sumber : 
https://hot.liputan6.com/read/4058611/7-faktor-penyebab-kenakalan-remaja-yang-harus-diperhatikan-orang-tua.
https://www.sehatq.com/artikel/mengidentifikasi-penyebab-kenakalan-remaja-dan-cara-mencegahnya
FILE CD BK SMK Paramitra

0/Post a Comment/Comments