masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Etika bergaul di dunia maya yang baik

etika bergaul di dunia maya
Etika bergaul di dunia maya

Terdapat etika yang harus diperhatikan netizen dalam bergaul di dunia maya

Netiket dipahami sebagai etika dalam berkomunikasi lewat internet atau adab etika bergaul di dunia maya. Etika Internet pada dasarnya sama dengan etika berkomunikasi di dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari, seperti jujur, menggunakan kata-kata yang baik (sopan), ramah, serta berbicara jelas dan mudah dimengerti. Netiket memiliki fungsi yang sama dengan etika yang ada di dalam lingkungan sosial manusia, tata krama atau sopan santun yang harus diperhatikan dalam pergaulan agar hubungan selalu baik. Pengetahuan etika dalam menggunakan internet akan meminimalisir adanya dampak negatif dari penggunaan internet.

Etika bergaul yang baik dimanapun ia berada termasuk di dunia maya dengan begitu manusia tersebut akan lebih dihargai dan lebih bernilai dalam kehidupannya Dunia maya memang telah menjelma menjadi sebuah "dunia baru" yang sangat bebas, tanpa sekat, nyaris tanpa kontrol, dan serba permisif. Menurut Dysson (1994) Dunia maya adalah suatu ekosistem yang mempunyai telepon, kabel coaxial, fiber optik ataupun elektronik waves. Dalam hal ini mengakibatkan tidak ada yang tau seberapa luasnya interner saat ini secara fisik

Etika yang secara etimologi berasal dari kata “Ethos” berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Menurut Drs. O.P. Simorangkir etika atau etik merupakan pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik. Artinya seseorang yang baik adalah mereka yang memiliki etika yang dan perilaku yang baik. Namun pada kenyataannya masih banyak dari mereka yang tidak lagi mementingkan etika. Ini disebabkan karena adanya  pergeseran budaya yaitu manusia lebih sering menggunakan dunia maya sebagai kehidupan sehari-harinya dari pada berinteraksi dengan manusia-manusia nyata yang dalam lingkungan sekitar mereka.

Manusia harus berperilaku baik dimanapun ia berada dengan begitu manusia tersebut akan lebih dihargai dan lebih bernilai dalam kehidupannya. Etika merupakan suatu alat kontrol bagi tingkah laku manusia yang membatasi manusia untuk melakukan hal-hal yang dianggap baik dan menghindari hal-hal buruk yang berlaku dalam masyarakat. Tidak hanya dalam dunia nyata urgenitas etika juga sangat diperlukan dalam berselancar di dunia maya, etika dalam penggunaan dunia maya sangat diperlukan seiring dengan ketidaksadaran pengguna-penggunanya akan etika berinternet.

Internet sudah menjadi budaya masyarakat dunia. bak zat adiktif yang mampu membuat penggunanya kecanduan untuk terus selalu menggunakannya, internet sebagai dunia maya telah digunakan oleh ribuan remaja, orang tua, bahkan anak kecil diseluruh dunia, yang selalu bertambah setiap tahunnya.  Pengguna internet merupakan orang yang hidup dalam anonymous yang mengharuskan pertanyaan identitas dalam interkasinya. Juga pengguna dengan latar belakang budaya, bahasa, serta adat istiadat yang berbeda. Perbedaan-perbedaan tersebut memungkinkan seseorang bertindak etis atau tidak etis dalam penggunaannya. Internet menyediakan berbagai macam fasilitas didalamnya salah satunya yaitu sosial media.

Sosial media merupakan suatu alat penghubung dan komunikasi masyarakat, tidak hanya antar daerah namun sosial media mampu menghubungkan manusia diseluruh dunia . banyak jenis sosial media yang ada pada saat ini mulai dari sosial media yang hanya dikhususkan untuk komunikasi sampai yang digunakan untuk mengunggah foto-foto pengguna . setiap individu pasti memiliki tujuan masing-masing dalam penggunaannya baik itu komunikasi keluarga, berbagi video, berbagi foto, berbagi kisah hidup,curhat atau sekadar mencari eksistensi  dan masih banyak lagi. Jelasnya sosial media telah menjadi sesuatu yang pokok bagi masyarakat zaman sekarang ini.

Berikut materi etika bergaul di dunia maya yang baik bagi kelas 11

Lihat Materi : ETIKA BERGAUL DI DUNIA MAYA (CYBER)

Sumber :
www.kompasiana.com/pentingnya-etika-dalam-dunia-maya
edukasi.kompas.com/Maaf.Dunia.Maya.Bikin.Anda.Lupa.Etika.
www.kompasiana.com/penghuni-dunia-maya-juga-beretika
sekolahnews.com/netiket-etika-internet-kode-etik-komunikasi-di-dunia-maya
File CD BK SMK Paramitra

0/Post a Comment/Comments