masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Belajar Kelompok Asyik dan Bermanfaat

belajar kelompok
Belajar kelompok itu asyik

Belajar Kelompok adalah sebuah model pembelajaran dimana peserta didik belajar bekerja sama dalam sebuah kelompok untuk menyelesaikan tugas belajar

Selain belajar mandiri dan belajar formal di sekolah, belajar kelompok adalah salah satu metode pembelajaran dimana peserta didik belajar bekerja sama dalam sebuah kelompok untuk menyelesaikan tugas belajar. Bahkan, banyak siswa telah menerapkan sistem pembelajaran kelompok rumah. Inisiatif kedua siswa dan dorongan mereka dari orang tua dan seorang guru.

Tujuan dari belajar kelompok adalah untuk mengembangkan cara berpikir kritis dalam memecahkan masalah, mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan komunikasi, meninggikan rasa percaya diri terhadap kemampuan siswa. Selain itu, belajar kelompok juga bertujuan agar siswa dapat memahami dan menghargai orang lain.

Manfaat belajar berkelompok!

1. Meningkatkan semangat belajar
Cara belajar yang begitu-begitu saja, kadang bisa membuat semangat kita menurun. Sehingga sesekali perlu dilakukan cara belajar yang berbeda, yaitu belajar kelompok. Dengan belajar berkelompok bersama teman-teman, biasanya kita jadi lebih semangat belajar dibandingkan kalau belajar sendirian. Namun hati-hati, jangan sampai kebanyakan bercandanya dari pada belajarnya, ya!

2. Meningkatkan komitmen
Komitmen belajarmu bisa lebih ditingkatkan saat melakukan belajar kelompok. Hal ini disebabkan kamu tidak ingin mengecewakan teman-teman sekelompokmu jika tidak turut berpartisipasi dalam kerja kelompok.

3. Bertanya dan berdiskusi dengan teman
Tidak semua siswa bisa menerima pelajaran dengan baik ketika di dalam kelas. Ada saatnya kita kurang mengerti dan sungkan bertanya pada guru. Nah, saat belajar kelompok inilah kita dapat bertanya dengan leluasa kepada teman.Kita dan teman sekelompok dapat berdiskusi tentang pelajaran dengan cara yang menyenangkan

4. Meningkatkan motivasi
Sebuah kelompok belajar akan mendukung dan membuat semangat kamu kembali ketika sedang turun. Dorongan ini membuat kamu lebih memiliki motivasi belajar dibandingkan dengan belajar sendirian.

5. Saling berbagi
Melalui kerja kelompok, sesama anggota dapat saling membandingkan catatan masing-masing. Kegiatan ini berguna untuk saling melengkapi dan mengoreksi jika ada perbedaan informasi.

6. Bertanya
Saat di kelas, mungkin kamu enggan untuk menanyakan hal yang belum kamu pahami kepada pengajar. Belajar kelompok akan membuatmu lebih leluasa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum kamu pahami saat di kelas.

7. Meningkatkan penguasaan konsep
Mengajarkan dan menjelaskan informasi atau konsep kepada anggota kelompok akan membantumu untuk memperkuat penguasaan terhadap suatu konsep atau informasi tertentu.

8. Saling mendengarkan
Sesama anggota kelompok akan mendengarkan dan membahas konsep selama sesi belajar dilakukan. Kegiatan semacam ini akan meningkatkan kemampuan pendengaranmu.

9. Menghilangkan kebosanan
Belajar sendiri terkadang sangat membosankan. Namun, dengan belajar kelompok kita dapat berinteraksi bersama anggota kelompok lainnya sehingga membuat belajar lebih menyenangkan

10. Saling memahami
Kelompok belajar memungkinkan kita memahami suatu konsep berdasarkan penjelasan anggota lain. Mereka dapat memberikan pencerahan terhadap persoalan yang tidak kamu mengerti sebelumnya.


Lihat materi BELAJAR KELOMPOK ITU ASYIK DAN BERMANFAAT.pdf

Sumber:
ayomengajarindonesia.blogspot.com/2012/12/belajar-kelompok.html
bobo.grid.id/read/08676318/suka-belajar-kelompok-di-sekolah-inilah-4-manfaatnya
indihomestudy.com/sample/news/details
File CD BK SMK Paramitra

0/Post a Comment/Comments