masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah dan halaman

kebersihan lingkungan
Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah dan halaman

Menjaga kebersihan lingkungan tidak semudah yang dibayangkan. Masih ada saja tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan. Padahal, dibutuhkan kesadaran semua pihak dan lapisan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan. Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.

Kebersihan selalu identik dengan kesehatan. Artinya, manfaat menjaga lingkungan yang pertama adalah membuat kesehatan kita tetap terjaga. Perlu kita ketahui, lingkungan bersih saja tak lantas membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit, lho. Apalagi kalau kita tidak berusaha menjaga kebersihannya.  Lingkungan yang tidak bersih menjadi tempat terbaik untuk sarang nyamuk. Belum lagi dengan berbagai bakteri yang turut hidup di dalamnya.

Lingkungan yang bersih membuat kita lebih nyaman untuk tinggal dan menetap dalam waktu lama. Tidak hanya itu, orang lain pun tidak akan enggan untuk berkunjung. Mereka menilai lingkungan kita begitu asri dan rapi, serta nyaman untuk ditinggali.

Kebersihan merupakan salah satu hal terpenting yang menunjang kenyamanan suatu masyarakatnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan baik dalam menjalani pola hidup sehat.

Hal paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan rumah dan halaman. Karena kebersihan rumah dan halaman akan membuat kita menjadi lebih terbiasa untuk membersihkan lingkungan lainnya. Pastikan kita selalu menyapu rumah setidaknya 2 kali sehari. Sapu juga halaman rumah setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Menjaga kesehatan lingkungan sudah menjadi kewajiban bagi setiap individu, selain untuk menjaga lingkungan dan alam kita semakin lestari, juga agar Good People dan keluarga terhindar dari penyakit. Lingkungan semakin sehat, tubuh kita juga semakin terjamin kesehatannya karena terhindar dari penyakit, karena seperti yang kita ketahui, kesehatan itu mahal.

Memang tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, menkomsumsi makananan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang diabaikan karena kesibukan dan aktivitas yang padat sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Lingkungan yang tidak sehat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah deman berdarah (DBD).

Berikut materi tentang menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah dan halaman kelas 10

Lihat Materi : KEBERSIHAN DIRI DAN LINGKUNGAN.pdf

Sumber :
www.halodoc.com/pentingnya-menjaga-lingkungan-untuk-kesehatan
www.kompasiana.com/cara-menjaga-kebersihan-lingkungan
www.thermos.co.id/pentingnya-menjaga-kebersihan-lingkungan-bersama
File CD BK SMK Paramitra

0/Post a Comment/Comments