masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Memilih profesi dengan cara smart

memilih profesi
Memilih profesi

Memilih profesi dengan cara smart

Memilih profesi yang akan dijalani merupakan keputusan sulit yang harus dibuat oleh para pelajar atau mahasiswa. Apalagi, setelah kamu memilih suatu profesi, kemungkinan besar kamu akan menggeluti bidang itu hingga pensiun. Karena itu, kita harus banyak berpikir sebelum membuat keputusan.

Anda mungkin seringkali bertanya-tanya tentang profesi apa yang tepat. Kita juga masih sering bingung apakah profesi yang ditekuni saat ini akan bertahan hingga hari tua. Kamu tentu mendambakan pekerjaan yang tidak hanya bisa menghasilkan banyak uang tapi juga dapat memberikan kebahagiaan dan kenyamanan. Maka dari itu, memilih profesi yang tepat adalah kuncinya. 

Lantas, bagaimana jika kita masih ragu dan belum dapat pilihan yang sesuai kata hati?

Sebelum memutuskan untuk mengirim surat lamaran kerja di perusahaan yang kita tuju, maka pikirkan dulu apakah profesi itu cocok atau tidak. Jangan terlalu tergesa-gesa karena tergiur dengan gaji yang ditawarkan. Sebaiknya kita bekerja semata-mata bukan demi uang melainkan untuk kebahagiaan kamu.

Memilih profesi tidaklah mudah, apalagi saat masih sekolah, karena diusia sekolah belum dapat secara pasti menentukan pilihan hati, biasanya masih berubah – ubah, Namun demikian tidak ada salahnya belajar memilih profesi sejak dini,karena pilihan profesi kita akan membantu kita memilih jurusan saat kuliah dan membantu kita untuk fokus pada satu cita – cita hidup.

Profesi berasal dari bahasa latin "Proffesio" yang mempunyai dua definisi yaitu janji/ ikrar dan pekerjaan. Bila artinya dibuat dalam definisi yang lebih luas menjadi kegiatan "apa saja" dan "siapa saja" untuk memperoleh nafkah yang dilakukan dengan suatu keahlian tertentu. Sedangkan dalam arti sempit profesi berarti kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian tertentu dan sekaligus dituntut daripadanya pelaksanaan norma-norma sosial dengan baik.

Profesi adalah karier atau pekerjaan yang diperoleh karena memiliki keahlian tertentu. Orang yang memiliki sebuah profesi maka dia dituntut untuk bekerja secara profesional, betul betul menunjukan kemahiran dibidangnya dan hasil kerjaannya memuaskan banyak pihak

Profesi merupakan suatu pekerjaan yang menuntut pengemban profesi tersebut untuk terus memperbaharui keterampilannya sesuai perkembangan teknologi. Definisi  Profesi menurut De George, Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan, nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian

Berikut merupakan materi memilih profesi dengan cara smart untuk siswa kelas 12 

Lihat Materi : MEMILIH PROFESI DENGAN CARA S-M-A-R-T.pdf


Sumber :
www.hipwee.com/narasi/inilah-5-tips-dalam-memilih-profesi-yang-tepat/
news.okezone.com/read/2011/06/20/370/470510/cara-memilih-profesi-yang-tepat
bimbingankonseling566967995.wordpress.com/2018/05/28/memilih-profesi-dengan-smart-bk-karir/
www.bimbingankonseling.web.id/2020/05/memilih-profesi.html
File CD BK SMK Paramitra

0/Post a Comment/Comments