masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Jenis - jenis emosi dan cara mengendalikan emosi

cara mengendalikan emosi
Cara mengendalikan emosi

Beberapa Cara Mengendalikan Emosi Yang Bisa Anda Coba

Untuk menghindari dominasi emosi pada diri, berikut adalah cara mengendalikan emosi tersebut yang perlu Anda ketahui

Emosi adalah ekspresi normal manusia atas berbagai hal yang terjadi dalam hidupnya. Misalnya, ketika Anda merasa senang saat mendapat hadiah, merasa kesal saat terjebak macet, atau merasa sedih saat kehilangan seseorang yang Anda cintai.

Pernahkah Anda bertemu seseorang yang secara konsisten marah atau bermusuhan? Mereka tidak dilahirkan seperti itu. Tetapi mereka membiarkan emosi tertentu untuk mengambil alih pikiran mereka begitu lama sehingga mereka tidak dapat mengontrolnya.

Tanpa disadari, emosi mendikte pikiran, niat, dan tindakan dengan otoritas superior ke pikiran rasional manusia. Tetapi ketika Anda bertindak berdasarkan emosi sesaat atau pada jenis emosi yang salah, seringnya Anda akan berada dalam situasi dan kondisi yang tidak menguntungkan.

Emosi yang dirasa terlalu berlebihan akan membuat hari-hari kamu tidak bersemangat. Hubungan kamu dengan dengan orang lain di sekitar juga menjadi tidak baik. Hal ini yang membuat kamu harus menahan emosi agar tidak meledak dan mengakibatkan kerugian kedepannya. Bagaimana cara mengendalikan emosi?

Seperti halnya dengan banyak aspek kehidupan lainnya, emosi sebaiknya dirasakan secara moderat dan dilihat dengan perspektif yang logis. Terutama mengenai emosi negatif, yang harus ditangani dengan sangat hati-hati.

Emosi negatif, seperti kemarahan, kecemburuan, atau kepahitan cenderung dapat membuat Anda lepas kendali. Pada gilirannya jenis emosi ini akan tumbuh dan mengkondisikan pikiran untuk berfungsi pada perasaan yang merusak.

Emosi ini bisa datang dari siapa saja, mana saja, dan kapan saja. Bahkan, terkadang kita sendiri bisa bingung kenapa kita bisa terpancing emosi dengan hal-hal kecil yang seharusnya tidak membuat kita emosi.

Berikut ini adalah materi cara mengendalikan emosi untuk siswa kelas 11 yang bisa kalian coba

Lihat Materi : CARA MENGENDALIKAN EMOSI DIRI

Sumber :
health.detik.com/berita-detikhealth/d-4599856/11-cara-mengendalikan-emosi-yang-berlebihan-kamu-pasti-bisa
www.alodokter.com/cara-mengendalikan-emosi-agar-tidak-merugikan-diri-sendiri
www.merdeka.com/jatim/6-cara-mengontrol-emosi-negatif-yang-berlebihan-pada-diri-ampuh-redam-amarah
tirto.id/cara-mengontrol-emosi-negatif-dan-tips-mengatasinya
File CD BK SMK Paramitra

0/Post a Comment/Comments