masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Hidup mandiri di usia muda untuk pemuda sukses

hidup mandiri di usia muda
Hidup mandiri di usia muda

Hidup mandiri di usia muda untuk pemuda sukses

Kehidupan mandiri sebenarnya dapat dimulai ketika anak mulai masuk ke usia sekolah. Tak hanya dari sekolah, namun hidup mandiri ini juga butuh kesiapan yang lebih matang. Memang benar hidup ini adalah pilihan. Namun pilihlah yang terbaik. Memilih menjadi anak muda luar biasa adalah pilihan yang tepat dan hebat. 

Saat yang lain menghabiskan masa mudanya dengan hura-hura, kita mesti berani menempuh jalan yang berbeda. Walau terkadang sepi dan sendiri, kita mesti tetap melangkahkan kaki!. Biasanya anak yang mandiri lebih mampu memikul tanggung jawab dan pada umumnya mempunyai emosi yang stabil. Kemandirian biasanya ditandai dengan menentukan nasib sendiri, kreatif, dan inisiatif, mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, dan mampu menahan diri

Butuh kesabaran dan kesungguhan untuk menjadi seseorang yang mandiri. Butuh keberanian dan kemampuan mengendalikan diri untuk dapat menjadi orang yang tidak bergantung kepada orang lain dari segi materi atau maupun moril. Dan seringkali sifat mandiri ini lebih awal dimiliki oleh mereka yang harus berjuang dalam kehidupannnya sejak kecil.

Seperti kisah Nabi Muhammad SAW yang sudah terbiasa hidup mandiri sejak kecil. Ketika usia delapan tahun, Muhammad SAW bekerja sebagai penggembala kambing milik orang-orang kaya di Mekah. Upah dari menggembala kambing itu cukup untuk keperluan hidup beliau.

Saat hidup mandiri, anak akan dihadapkan dengan berbagai konflik yang harus ia hadapi dan atasi sendiri. Misalnya bermasalah dengan teman. Memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah sendiri akan membantu anak untuk bergerak maju dengan lebih cepat. Salah satu yang bisa diajarkan orang tua sebelum anak hidup mandiri ialah tidak menghindari masalah dan mau bersikap terbuka untuk menyelesaikan masalah.

Semakin beranjak usia anak menjadi remaja, orangtua tentu ingin anaknya dapat hidup mandiri. Anak perlu dilatih untuk melakukan hak-hak sendiri tanpa ada yang melayaninya seperti dahulu, tujuannya agar bisa mengenal lebih jauh arti kehidupan yang sebenarnya. Bagi anak yang telah siap hidup mandiri, mungkin tidak memiliki waktu untuk bermalas-malasan. Ia cenderung lebih produktif karena banyak hal yang perlu dilakukan setiap harinya

Butuh kesabaran dan kesungguhan untuk menjadi seseorang yang mandiri. Butuh keberanian dan kemampuan mengendalikan diri untuk dapat menjadi orang yang tidak bergantung kepada orang lain dari segi materi atau pun moril. Dan seringkali sifat mandiri ini lebih awal dimiliki oleh mereka yang harus berjuang dalam kehidupannnya sejak kecil.

Berikut materi hidup mandiri di usia muda untuk pemuda sukses kelas 11

Lihat Materi : HIDUP MANDIRI DI USIA REMAJA.pdf 

Sumber : 
republika.co.id/anak-remaja-mulai-hidup-mandiri-kuasai-dulu-7-hal-ini-part1 www.popmama.com/ciri-ciri-anak-yang-belum-siap-hidup-mandiri/1 www.kompasiana.com/nur-hasanah/hidup-mandiri-di-usia-muda
File CD BK SMK

0/Post a Comment/Comments