masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Percaya diri adalah kepercayaan yang kuat dari dalam diri

Percaya diri
Percaya diri

Pengertian Percaya Diri

Percaya diri atau kepercayaan diri adalah suatu perasaan yang sangat kuat yang berasal dari diri sendiri. Percaya diri merupakan suatu kepercayaan yang kuat dari dalam diri bahwa segala kemampuan, keahlian atau bakat yang kita miliki akan berguna atau bermanfaat dalam segala hal yang kita lakukan. Percaya atas kemampuan diri tidak didapat begitu saja, melainkan dibangun.

Berbekal kepercayaan diri, memperbesar peluang untuk membuka harapan-harapan baru, seperti diterima pekerjaan, terealisasinya keinginan yang belum tercapai, maupun meningkatkan produktivitas. Orang yang tidak percaya diri, sering sekali terlihat membatasi kemampuan mereka. Sebab, mereka menganggap bahwa dirinya bukan siapa-siapa dan tidak memiliki kemampuan lebih dibanding orang lain. Oleh sebab itu, tidak heran jika mereka merasa minder dan tertutup dengan kehidupan sosial

Orang-orang yang percaya atas kemampuan diri adalah suka dalam memberi pujian, suka belajar dari orang lain, berani mengambil tanggung jawab dari setiap pemikiran, tindakan, perasaan dan hasil yang mereka berikan, bertindak sesuai prinsip hidup yang dimiliki, tidak takut gagal, menyadari dan mengakui kesalahan mereka, selalu berpikir positif, berani mengambil risiko, tidak pernah membicarakan hal negatif tentang orang lain, membuat keputusan dengan cepat, menerima perbedaan dari orang lain, suka menghabiskan waktu dengan orang-orang di sekitar mereka, tidak pernah berhenti belajar dan berkembang untuk maju. 

Sedangkan, mereka yang merasa kurang percaya atas kemampuan dirinya atau merasa tidak aman adalah orang-orang yang berpikir sempit, mencari validasi dari orang lain, selalu beralasan pada hal pekerjaan, selalu berpikir negatif, takut mengambil risiko, selalu ingin di zona aman, suka menghakimi, terlalu khawatir dengan omongan orang lain, dan lain sebagainya.

Ketika seseorang percaya atas kemampuan dirinya, maka akan mudah untuk melakukan sesuatu hal yang baru dan menaruh semua energinya untuk hal tersebut. Misalnya, ketika mendaftar pekerjaan, seseorang akan yakin bahwa dirinya mampu atas semua tanggung jawab yang dibebankan pada posisi yang dilamarnya. Atau ketika merasa percaya atas kemampuan dirinya akan melakukan presentasi maka akan fokus untuk menyampaikan seluruh materinya kepada audiens dan menampilkan yang terbaik, bukannya malah sibuk mencemaskan keterbatasan dirinya.

Mengacu pada situs Forbes, keterbatasan kerap menjadi pengekang seseorang untuk maju dan ragu mencoba hal baru. Perasaan takut gagal karena merasa kurang mampu diakibatkan tidak adanya keperpercayaan atas kemampuan dalam dirinya

Untuk menjadi lebih percaya atas kemampuan diri perlu dimulai dari diri kita sendiri. Kita adalah faktor utama untuk membuat dan mengambil keputusan. Kita dapat memilih ingin percaya diri atau tidak, dan segalanya kembali lagi kepada diri kita sendiri. Jadi, bagaimana menurut kalian? Yuk, bagi yang belum memiliki rasa percaya diri, kita mulai mencoba yuk, kita coba melatih rasa percaya diri dari dalam diri kita sendiri mulai sekarang. Semangat terus ya ..


Berikut ini merupakan Materi Percaya Diri untuk siswa kelas 10





Sumber : 
www.cnnindonesia.com
https://www.studilmu.com/
File CD BK SMK dari Paramitra

0/Post a Comment/Comments