masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Cara berpikir positif dan manfaatnya

berpikir positif
berpikir positif

Cara berpikir positif atau positive thinking dan manfaatnya

Berpikir positif memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terutama ketika sedang tertimpa suatu masalah, tidak sedikit orang yang cenderung berpikiran negatif. Hal tersebut berpotensi membuat pelakunya cemas, khawatir, dan tertekan. Padahal, berpikir positif dapat memberi pengaruh yang baik untuk keadaan psikologis Anda. Pola pikir ini juga bisa membuat Anda lebih menikmati hidup. Lantas, bagaimana cara berpikir positif?

Sebelum membaca artikel ini lebih lanjut, mari kita simak pengertian berpikir positif atau positive thinking terlebih dahulu. Positive thinking adalah suatu sikap mental yang membuat kita berharap untuk mendapatkan hasil yang baik, bahkan terbaik dan menguntungkan. Ciri-ciri positive thinking di antaranya adalah selalu bersikap tenang, berpikir positif, tidak mudah khawatir dan selalu berusaha untuk bersikap bijak dalam menghadapi ujian kehidupan. 

Positive thinking artinya proses dalam menciptakan pikiran yang baik dan mengubah energi positif menjadi suatu kenyataan. Nah, dari arti positive thinking kita sudah bisa memahami bagaimana cara berpositive thinking dapat memberikan rasa optimis dalam menghadapi suatu keadaan yang mungkin tidak menyenangkan. Intinya, kekuatan positive thinking dapat menciptakan kebahagiaan, kesehatan, serta ketenangan lahir dan batin dalam menghadapi situasi apapun.

Positive thinking dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa teknik yang telah terbukti efektif dalam membantu seseorang mengubah persepsinya. Berpikir positif memang dapat memberikan rasa bahagia, dan seolah-olah akan baik-baik saja, tetapi juga perlu adanya pemikiran yang realistis (nyata), karena kenyataannya akan banyak sekali rintangan yang kamu hadapi, dan tidak seperti yang dibayangkan dalam mencapai kesuksesan.

Sikap mencerminkan dari kepribadian seseorang, dan pikiran memberi peran yang besar terhadap sikap seseorang. Itulah mengapa positive thinking membuat perbedaan besar dalam hidup kita. Sikap yang baik dimulai dengan berpikir positif. Berpikir positif memiliki peran penting dalam pembentukkan setiap individu. Kekuatan positive thinkingmerupakan unsur yang terpenting dalam menciptakan jenis kehidupan Anda.

Sikap positif  membantu Anda dalam  mengatasi masalah kehidupan sehari-hari. Sebuah pandangan yang positif dapat membantu Anda untuk mengatasi situasi stres dan dapat mengubah hidup Anda jauh lebih baik. Masalah apa pun bisa datang kapan saja dalam kehidupan. Ketika Anda dihadapkan pada satu persoalan, fokuskan pikiran Anda pada hal-hal baik yang ada di balik persoalan tersebut, meski hanya berupa hal kecil. Misalnya, ketika teman Anda mendapat hadiah mobil dari orangtuanya secara tiba-tiba. karena hal itu mungkin tidak pernah terlintas dibenak pikiran Anda sebelumnya. Anda sebaiknya melihat sisi baiknya, yaitu Anda bisa mencoba menghindari rasa kesal atau kecewa karena akan membuat pikiran Anda dipenuhi hal negatif

Sebagian orang seringkali membandingkan dirinya dengan orang lain yang hidupnya terlihat lebih bahagia. Hal bisa membuatnya iri, dengki, rendah diri, dan pikirannya menjadi kalut. Oleh sebab itu, biasakan untuk bersyukur agar pikiran tetap positif dan hidup terasa lebih berarti. Anda dapat mensyukuri apa pun yang telah Anda miliki, baik keluarga, teman, pekerjaan, ataupun hal-hal lain yang membuat Anda bahagia.

Seseorang yang berpositive thinking tahu bagaimana menangani situasi yang buruk lebih baik daripada siapa pun. Dan ingat, keberhasilan terjadi kepada mereka yang percaya diri!



 


Sumber :
health.kompas.com/Inilah.10.Keuntungan.Positive.Thinking.
www.studilmu.com
www.sehatq.com
File CD paramitra

0/Post a Comment/Comments