masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

SIKAP DAN PRILAKU ASERTIF


Pada umumnya anak yang pemberani diasumsikan sebagai anak yang mau tidur sendiri dalam keadaan lampu dimatikan, atau anak yang bersedia maju ke depan kelas dan menampilkan kemampuannya. Sebagian lain ada yang beranggapan, anak pemberani adalah anak yang tidak malu berkenalan dengan orang asing.

Menurut psikolog anak yang merupakan Co-Founder Children Cafe Nuri Indira Dewi, sebenarnya perilaku tersebut dalam bidang komunikasi dan psikologi disebut asertivitas. Nuri menjelaskan asertif adalah perilaku untuk menunjukkan atau menyampaikan perasaan atau pemikiran dengan jujur, tanpa menyinggung perasaan dan hak orang lain. Nuri mengatakan perilaku asertif adalah bagian dari keterampilan sosial. Orang yang asertif jelas Nuri, merasa nyaman saat mengungkapkan kebutuhannya dan membuat orang lain tetap merasa nyaman. 

Dengan sendirinya, tutur Nuri, mereka menjadi individu yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan karena jujur, terbuka dan selaras antara pikiran dan ucapan. Orang-orang yang asertif juga pada umumnya memiliki kecerdasan emosional yang baik. "Perilaku asertif melindungi hak-hak individual tanpa mengganggu hak orang lain. Banyak contohnya, misalnya berani bilang tidak pada kasus pelecehan atau kekerasan atau bullying pada anak," ujar Nuri. (Liputan6.com, )

Menumbuhkan perilaku asertif adalah perilaku seseorang dalam hubungan antar pribadi yang menyangkut emosi, perasaan, pikiran serta keinginan dan kebutuhan secara terbuka, tegas dan jujur tanpa perasaan cemas terhadap orang lain, tanpa merugikan diri sendiri dan orang lain. Bertindak atau berperilaku asertif tidak hanya sebatas untuk mengungkapkan perasaan yang positif (senang) tetapi juga perasaan yang negatif. 

Banyak dari kita ragu- ragu, takut, bahkan resisten terhadap perilaku asertif di tempat kerja, mereka berpendapat sikap tersebut akan mendapatkan balasan, perlawanan, teguran, peringatan dan banyak lagi resistensi-resistensi negatif lain yang terus menghantui pikiran kita untuk tidak bersikap asertif dikarenakan dapat mengancam keberlangsungan (posisi) kerja kita. Namun yakin dan percayalah bahwa asertif bukanlah perilaku agresif ataupun pasif. Perilaku asertif adalah sikap atau energi positif yang dapat membangun keharmonisan hubungan baik satu sama lain. Maka penting bagi kita untuk menumbuhkan sikap asertif dalam diri sendiri.

materi sikap dan perilaku asertif

Download Materi Sikap dan Perilaku Asertif : 

0/Post a Comment/Comments