masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

PENYESUAIAN DIRI REMAJA LINGKUNGAN SEKOLAH BARU



Penyesuaian diri di sekolah sangat penting bagi seorang siswa. Sekolah merupakan tempat menuntut ilmu, di mana siswa memperoleh informasi, pengalaman dan di dalamnya terjadi proses penyesuaian diri oleh segenap warga yang berada di sekolah. Penyesuaian diri di sekolah seperti yang dikemukakan oleh Nurbani & Ariyadi Warsito (Rr. Yulfitri R.A, 1995) bahwa penyesuaian diri di sekolah adalah kemampuan untuk hidup dan bergaul di sekolah. Bagi siswa yang sedang belajar, penyesuaian diri di sekolah sangat penting, karena akan berpengaruh pada prestasi belajar.  Selanjutnya menurut Sofyan S Willis (Rr. Yulfitri R.A, 1995) bahwa penyesuaian diri di sekolah meliputi: penyesuaian dengan guru, penyesuaian terhadap mata pelajaran, penyesuaian diri teman sebaya dan terhadap lingkungan sekolah.

Penyesuaian diri dalam bahasa aslinya dikenal dengan istilah adjustment atau personal adjustment. Schneiders berpendapat bahwa penyesuaian diri dapat ditinjau dari tiga sudut pandang, yaitu: penyesuaian diri sebagai adaptasi (adaptation), penyesuaian diri sebagai bentuk konfornitas (conformity), dan penyesuaian diri sebagai usaha penguasaan (mastery). Pada mulanya penyesuaian diri diartikan sama dengan adaptasi (adaptation) , padahal adaptasi ini pada umumnya lebih mengarah pada penyesuaian diri dalam arti fisik, fisiologis, atau biologis. Misalnya, seseorang yang pindah tempat dari daerah panas ke daerah dingin harus beradaptasi dengan iklim yang terjadi di daerah dingin tersebut.

Penyesuaian diri merupakan suatu proses dinamis yang bertujuan untuk mengubah prilaku individu agar terjadi hubungan yang lebih sesuai antara diri individu dengan lingkungannya. Atas dasar pengertian tersebut dapat diberikan batasan bahwa kemampuan manusia sanggup untuk membuat hubungan-hubungan yang menyenangkan antara manusia dengan lingkungannya.


Download Materi Penyesuaian diri di sekolah : 

0/Post a Comment/Comments