masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

MENUMBUHKAN MOTIVASI BERPRESTASI

motivasi berprestasi
motivasi berprestasi


Menumbuhkan Motivasi berprestasi 

Pencapaian motivasi berprestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain; kelengkapan sarana prasarana sekolah, perhatian orang tua, kebiasaan belajar, motivasi berprestasi. Dari beberapa studi yang dilakukan oleh peneliti dalam bidang pendidikan ditemukan bahwa faktor motivasi berprestasi memunyai kontribusi lebih besar dari faktor-faktor lainnya. Karena itu, seorang guru perlu mengetahui kebutuhan siswanya untuk berprestasi, guru diharapkan dapat memanipulasi motivasi, atau memberikan tugas-tugas yang sesuai untuk tiap-tiap siswa.

Motif sering diartikan dengan dorongan. Sedangkan dorongan akan berbentuk tenaga yang merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat sesuatu. Dalam hal ini motif merupakan suatu driving force yang menggerakkan manusia untuk bertingkah laku, dan dalam perbuatannya mempunyai tujuan tertentu.

As'ad (1986) berpendapat bahwa motif didefinisikan sebagai need atau kebutuhan, want atau keinginan. Drivers atau dorongan atau impuls dalam diri manusia. Motif diarahkan pada tujuan yang mungkin disadari atau mungkin tidak disadari.

Atkinson (diambil dari Mulyadi, 1989) mengungkap motif, merupakan suatu disposisi laten yang berusaha dengan kuat untuk mencapai tujuan tertentu : tujuan ini dapat berupa prestasi, afiliasi ataupun kekuasaan.


Ruch (dalam Ancok dan Raismin, 1989) menyatakan bahwa motif, sebagai kondisi internal yang komplek yang mendorong dan mengarahkan individu kepada tujuan tertentu.

Gerungan (1983) menyatakan bahwa motif itu mempunyai pengertian yang mencakup semua penggerak, alasan-alasan, dorongan-dorongan dalam diri manusia untuk melakukan suatu perbuatan.

Crow A. (1983) mengartikan bahwa motif adalah suatu keadaan yang menyebabkan seseorang mampu melakukan dan mengarahkan sesuatu perbuatan atau aktivitas untuk mencapai tujuan tertentu.

Atas dasar beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan, bahwa motif merupakan dorongan dari dalam, inner need yang bersifat komplek, laten dan potensial, yang memberikan arahan dan perilaku manusia di dalam mencapai tujuan baik berupa prestasi, afilikan ataupun kekuatan.



Download Materi Motivasi Berprestasi : 
MENUMBUHKAN MOTIVASI BERPRESTASI

0/Post a Comment/Comments