masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

MEKANISME PERTAHANAN DIRI


Mekanisme pertahanan diri adalah sebuag tameng yang digunakan manusia sebagai pelindung untuk melindungi ego (dirinya) dari keadaan yang mencemaskan atau keadaan yang akan melukai egonya.

Jadi ketika suatu keadaan mengancam ego seseorang, secara tidak sadar (dan biasanya spontan) individu tersebut akan menggunakan self defense mechanism untuk melindungi egonya dari terluka. Dalam kehidupan sehari-hari, self defense mechanism ini adalah wajar (normal) dilakukan seseorang, tetapi yang menjadi masalah adalah ketika self defense mechanism ini menjadi bagian dari life style atau kebiasaan seseorang, maka dipastikan dia tidak sehat mental atau abnormal.

Mekanisme Pertahanan Diri adalah proses tak sadar yang melindungi individu dari kecemasan melalui pemutarbalikan kenyataan.  Pada dasarnya strategi-strategi ini tidak mengubah kondisi objektif bahaya dan hanya mengubah cara individu mempersepsi atau memikirkan masalah itu. Beberapa mekanisme pertahanan diri beberapa diantaranya dikemukakan oleh Freud, tetapi beberapa yang lain merupakan hasil pengembangan ahli psikoanalisis lainnya.


Download : MEKANISME PERTAHANAN DIRI

0/Post a Comment/Comments