masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Dampak Handphone - Media Sosial

Dampak handphone
Dampak handphone

Dampak Handphone

Penggunaan handphone tanpa disadari sudah mengubah pola kehidupan kita. Kebiasaan melihat handphone  dengan cara menunduk melihat layar atau tidak bisa tidur jika belum mengecek pesan, hanya sedikit contoh dari banyak perubahan yang terjadi. Perubahan ini bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi, Anda perlu lebih bijak dalam menggunakan teknologi yang satu ini.

Penggunaan telepon genggam (handphone) tanpa disadari telah mengubah pola kehidupan kita. Kebiasaan melihat ke layar handphone atau tidak bisa tidur sebelum mengecek sosial media dari handphone adalah salah satu contoh dari banyak perubahan yang terjadi. Nyatanya, perubahan ini bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan, baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. 

Seperti yang dilansir dari maxmanroe.com, HP smartphone adalah telepon seluler yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan berkemampuan tinggi seperti komputer.

HP smartphone saat ini sudah menjadi hal yang lumrah untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan anak-anak di usia Sekolah Dasar atau Taman Kanak-Kanak pun sudah banyak yang memiliki handphone mereka masing-masing. Pada saat ini, banyak anak muda yang menggunakan barang elektronik yang sudah canggih. Salah satunya adalah HP Smartphone, yang sering kita gunakan untuk alat berkomunikasi

HP Smartphone dapat disebut sebagai komputer mini dalam bentuk telepon genggam. Orang-orang dapat mengakses berbagai aplikasi komunikasi, pendidikan, sosial dengan hanya menggunakan smartphone tanpa harus membuka komputer.

Penggunaan HP smartphone sangat berguna terhadap kehidupan kita sehari-hari, contohnya dalam penyampaian pesan yang mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan kawan, kerabat, sahabat, maupun orang tua yang sangat cepat, tanpa dipisahkan oleh jarak dan waktu. Namun dalam penggunaan handphone ada juga dampak negatif yang diberikan jika kita menyalahgunakan fungsi handphone tersebut

Dari dampak bagi kesehatan fisik yaitu, penglihatan menjadi terganggu jika kita terlalu sering melihat layar handphone. Sakit kepala, ini di akibatkan karena posisi leher yang salah dan tegang pada mata yang memicu timbulnya sakit kepala. Pandangan menjadi kabur, di akibatkan karena tegangnya otot mata yang tidak mampu fokus lagi pada jarak yang berbeda. Timbulnya gangguan pendengaran, di akibatkan karena terlalu sering menggunakan speaker. Adapaun dampak bagi kesehatan psikis yaitu, menimbulkan kecanduan untuk terus menerus menggunakan handphone selama 24 jam non stop. Dapat menganggu tidur, mengurangi produktivitas, merusak otak, dan kesulitan tidur

Berikut materi tentang dampak handphone kelas 11


 


Sumber :
www.kompasiana.com/dampak-penggunaan-handphone
www.zurich.co.id/dampak-negatif-hp-ternyata-bisa-picu-masalah-kesehatan-serius
File CD BK SMK Paramitra
berbagai sumber 

0/Post a Comment/Comments