masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Membaca Efektif


Buku adalah jendela ilmu. Sehingga tak heran, membaca pun akan dikaitkan dengan luasnya wawasan seseorang. Sayang minat baca anak Indonesia masih sangat minim. Menurut penulis buku bacaan anak Della Naradika, hanya satu dari seribu anak yang gemar membaca. Lalu, bagaimana cara efektif agar anak mau memiliki keinginan membaca?. Pertama, ia menyarankan agar orang tua tidak hanya menyuruh, namun juga memberikan contoh membaca. Sebab, orang tua adalah sosok figur yang paling dekat dengan anak. 

“Banyak orang tua yang minta anaknya baca, tapi mereka justru main handphone. Ini salah dan yang benar harusnya bersama-sama membaca dimana orangtua menjadi contoh dan panutan yang baik bagi anak,” katanya di Jakarta pada Ahad, 28 Juli 2019.

(sumber : https://gaya.tempo.co/read/1229503)

Membaca merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh kita. Namun, sering kali kita merasa malas, jengah, dan jenuh ketika harus membaca sebuah teks yang panjang. Bahkan, setelah selesai membaca seluruh teks ternyata kita belum memahami isi bacaan tersebut, yang kemudian memaksa kita untuk membacanya berulang kali. Tapi, apakah dengan membaca berulang kali akan menambah pemahaman kita? mungkin, seberapa efektifkah cara membaca kita?.

Setiap individu mungkin memiliki kemampuan yang berbeda untuk memahami suatu tulisan/bacaan. Faktor kebiasaan untuk membaca pun berperan besar dalam meningkatkan kemampuan mencerna isi suatu tulisan. Tentu saja Pemilihan teknik yang tepat mungkin sangat berpengaruh agar seseorang dapat mengambil inti sari sebuah teks.

Bagaimanakah cara membaca efektif yang mungkin dapat membantu kita dalam  memahami isi suatu bacaan?. Nah, berikut ini beberapa panduan/tips membaca yang efektif.

0/Post a Comment/Comments