masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Gaya Belajar


Anda sadari atau tidak, ketika belajar, masing-masing anak punya gaya yang belum tentu sama. Oleh karena itu, jangan buru-buru menudingnya malas belajar bila nilainya di sekolah menurun. Mungkin penyebabnya karena dia "dipaksa" belajar dengan cara yang bukan gayanya. Siswa  tentu  memiliki  gaya  belajar  yang  berbeda. Mengetahui  gaya  belajar siswa yang  berbeda  ini  dapat membantu  para  guru  dalam menyampaikan bahan pembelajaran kepada semua  siswa shingga hasil belajar akan lebih efektif.

Menurut  Bobbi  DePorter  dan  Mike  Hernacki dalam bukunya Quantum Learning halaman  110-111,  gaya  belajar  adalah kombinasi  dari  bagaimana  ia  menyerap,  dan  kemudian  mengatur  serta mengolah  informasi”.

Sedangkan  menurut  James  dan  Gardner dalam bukunya “Gaya belajar’ halaman 42 “gaya belajar adalah cara  yang kompleks dimana para siswa menganggap dan  merasa  paling  efektif  dan  efisien  dalam  memproses,  menyimpan  dan memanggil kembali apa yang telah mereka pelajari”.

Dunn dan  Dunn dalam bukunya Psikologi  Pendidikan (Sugihartono: 2007:53) menjelaskan  bahwa  :  “gaya  belajar merupakan kumpulan  karakteristik  pribadi  yang  membuat  suatu  pembelajaran  efektif untuk  beberapa  orang  dan  tidak  efektif  untuk  orang  lain”. Berati  gaya belajar berhubungan  dengan  cara  anak  belajar,  serta  cara  belajar  yang paling disukai. 

Coba simak gaya belajar mereka di bawah ini, dan lihat bagaimana hasil belajar mereka dengan gaya tersebut.

Download Materi :
GAYA BELAJAR.doc

0/Post a Comment/Comments