masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

BELAJAR EFEKTIF



Di masa-masa penuh ujian seperti ini, belajar rasanya jadi suatu “keharusan”. Kadang, tuntutan untuk belajar itu bukan hanya datang dari diri sendiri, tapi juga orang tua. Tidak jarang orang tua menuntut kita untuk terus menerus belajar. Setelah 8 jam seharian belajar di sekolah, sorenya masih harus ikut les tambahan, lalu, demi mengejar nilai bagus, malamnya masih harus begadang masukin materi-materi lain atau ngerjain pr.

Masalahnya, apakah cara belajar seperti itu efektif?

Jawab: tidak.

Beneran deh.

Seringkali, sebagai orang dengan label “pelajar”, kita seperti dipaksa untuk belajar terlalu keras. Belajar dengan bar bar sampai lupa waktu. Di artikel ini bahkan sudah dijelaskan kalau secara saintifik, waktu belajar yang paling baik bukanlah malam hari.

Maka, untuk kamu yang masih punya kebiasaan seperti itu, beruntunglah membaca tulisan ini.

Kenyataannya, sebagai seorang murid, kita bukan cuma berkewajiban untuk belajar. Tapi, lebih dari itu, tahu caranya belajar dengan menyenangkan. Tahu caranya “untuk apa kita belajar” sehingga materi-materi yang masuk, benar-benar dipahami secara konsep.

Beruntungnya, ternyata, berdasarkan berbagai penelitian, metode belajar yang terbaik, yang efektif, dan ngebuat kita gampang masukin materi ke otak adalah belajar dengan menyenangkan.

(sumber : blog.ruangguru.com)

0/Post a Comment/Comments