masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

Mari bersahabat dan Stop Bullying untuk selamatkan generasi

stop bullying
stop bullying


Stop bullying

Bullying merupakan suatu kejadian yang seringkali tidak terhindarkan terutama di sekolah. Bullying adalah penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok, suatu perilaku mengancam, menindas dan membuat perasaan orang lain tidak nyaman. Seseorang yang bisa dikatakan menjadi korban apabila dia diperlakukan negatif (secara sengaja membuat luka atau ketidak nyamanan melalui kontak fisik, melalui perkataan atau dengan cara lain) dengan jangka waktu sekali atau berkali-kali bahkan sering atau menjadi sebuah pola oleh seseorang atau lebih

Bully adalah perilaku kekerasan fisik ataupun mental yang mana ada satu orang atau lebih yang melakukan penyerangan atau mengintimidasi orang lain. Perilaku kekerasan ini biasa terjadi di lingkungan sekolah dan umumnya menimpa anak-anak dan remaja yang secara fisik lebih lemah dari teman-teman sebayanya

Di era teknologi seperti sekarang ini, tindakan bully makin mudah terjadi. Pelaku cukup memakai media sosial untuk menjatuhkan korbannya, seperti menyebarkan teks, foto, atau video bertema negatif tentang korban.

stop bullying


Bagaimana seorang guru BK ketika menghadapi siswanya yang berperilaku seperti itu. Apakah diam saja? Mencari solusi? Atau bahkan tidak ingin ikut campur tangan? Sebagai guru BK seharusnya berupaya, melakukan tindakan atau proses untuk menentukan derajat kualitas kemajuan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. sebagai guru BK seharusnya mencari tau secara mendalam melalui penyebab,  dan apa motiv pelaku dapat melakukan perbuatan yang tidak bermoral. 

Karna bagaimanapun pelaku tersebut masih dibawah naungan instansi sekolah yang pasti membutuhkan bimbingan untuk kedepannya. Walaupun guru BK tidak dapat menyelesaikan masalah secara keseluruhan karena ranah hukum sudah berbicara. Namun setidaknya mengerahkan segala kemampuanya seperti melakukan evaluasi yang efektif dengan melibatkan berbagai unsur yang profesional dalam program BK. 

Tidak hanya BK, namun seluruh pihak sekolah ikut mencari jalan keluar untuk anak didiknya. Dari kasus yang terjadi sebaiknya perlu di gali masalah-masalahnya kalau perlu sampai akarnya, agar tidak ada pihak yang dirugikan untuk kedepannya. Walaupun korban dan pelaku masih dibawah umur tapi tidak bisa dikatakan begitu saja "damai"  sebelum pelaku mendapatkan imbalan yang sepantasnya.

Kasus bullying mungkin sudah sering terdengar di telinga kalian. Namun dari sekian banyak kasus bullying memilih ending perdamaian, entah kenapa dan alasannya itu bagaimana,,,mungkin semua pihak memiliki cara-caranya sendiri. Namun kasus Audrey seharusnya diberlakukan melalui ranah hukum yang benar dan seadil adilnya, agar semua masyarakat tau bagaiman  hukum di Indonesia menindak lanjuti kasus tersebut, mayoritas suara masyarakat berharap agar pelaku mendapat hukuman yang seadil-adilnya sesuai apa yang diperbuat. 

Berharap dikemudian hari kasus yang seperti ini tidak akan terulang dan sebagai pelajaran buat kita terutama orang tua dalam mendidik anaknya, dan guru dalam membimbing muridnya. 

Berikut materi stop bullying  mari bersahabat !! untuk siswa kelas 10

 

0/Post a Comment/Comments