masochim.com : “Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa harus kehilangan semangat.” by : Winston Churchill. - Gas.., Ayo semangat Bro!!

KONSEP DIRI REMAJA



Pada remaja, konsep diri akan berkembang terus hingga memasuki masa dewasa. Perkembangan konsep diri remaja memiliki karakteristik yang khas dibanding dengan usia perkembangan lainnya. Sejak kecil individu telah dipengaruhi dan dibentuk oleh pengalaman yang dijumpai dalam hubungannya dengan individu lain, terutama dengan orang-orang terdekat, maupun yang didapatkan dalam peristiwa-peristiwa kehidupan. Sejarah hidup individu dari masa lalu dapat membuat dirinya memandang diri lebih baik atau lebih buruk dari kenyataan sebenarnya (Centi, 1993).

Hurlock (1999) mengatakan bahwa konsep diri bertambah stabil pada periode masa remaja. Konsep diri yang stabil sangat penting bagi remaja karena hal tersebut merupakan salah satu bukti keberhasilan pada remaja dalam usaha untuk memperbaiki kepribadiannya. Banyak kondisi dalam kehidupan remaja yang turut membentuk pola kepribadian melalui pengaruhnya pada konsep diri.

Masa remaja bisa di sebut dengan masa transisi, karena di sebut anak - anak sang remaja itu tidak mau, di sebut dewasa juga tidak terima, oleh karna itu menurut saya, remaja adalah masa transisi dimana nilai - nilai dalam kehidupan tengah berkecamuk antara pencarian jati diri dan mengikuti tren yang update saat ini. Terkadang dalam mengikuti tren pun harus mengorbankan jati diri, bahkan memaksakan diri, misalkan,tren mengikuti memakai celana pendek jeans yang sering di pakai para artis muda saat ini, walaupun tidak pada tempatnya, tetap di ikuti demi tren, namun hasilnya justru pelecehan seksual yang terjadi. Salahkah? memang tidak salah mengikuti tren saat ini namun konsep diri yang kurang sesuai. 

Apa sih konsep diri bagi remaja? saya mengamati beberapa mahasiswa tempat saya mengajar sudah mempunyai konsep diri yang kuat dalam menyikapi hidup ini, kemana arah tujuan hidup ini dan harus bagaimana menyikapi ujian dalam hidup tanpa kehilangan masa - masa remaja mereka. Itulah menurut saya salah satu konsep diri yang kuat bagi remaja. Kenapa remaja? karna masa remaja adalah masa yang mereka anggap bebas dalam bertindak, tapi beberapa mahasiswa saya justru sudah mempunyai konsep diri yang kuat, yang bisa terlihat dari sikap dan tutur bahasa mereka. Salah satu contoh konsep diri yang kuat bagi remaja adalah mereka menyadari bahwa di usia mereka lah saatnya menuntut ilmu hingga mereka bener - benar fokus dalam menjalankan peran tersebut.

materi konsep diri remaja

Download Materi Konsep Diri Remaja : 
[lock]KONSEP DIRI REMAJA[/lock]

0/Post a Comment/Comments